Sunday, September 24, 2017

FREE DOWNLOAD RPP FIKIH KLS 10 K-13 REVISI (Full Perangkat Pembelajaran)


Fikih menurut bahasa berasal dari kata “faqiha – yafqahu – fiqhan” yang berarti “mengerti atau faham”. Dari sinilah ditarik pendekatan fiqh, yang memberi pengertian kepahaman dalam hukum syari’at yang sangat dianjurkan oleh Allah dan Rasul-Nya. Jadi ilmu fiqh ialah suatu ilmu yang mempelajari syari’at yang bersifat amaliah (perbuatan) yang diperoleh dari dalil-dalil hukum yang terinci dari ilmu tersebut.

Dalam pengertiannya mata pelajaran fikih berasal dari dua pengertian yaitu mata pelajaran dan fikih. Mata pelajaran dalam bahasa Indonesia diartikan dengan pelajaran yang harus diajarkan, dipelajari untuk sekolah dasar atau sekolah lanjutan dan kata fikih pengertianya seperti yang telah tersebut di atas. mata pelajaran

Fikih merupakan salah satu mata pelajaran PAI yang mempelajari tentang fikih ibadah, terutama menyangkut pengenalan dan pemahaman tentang caracara pelaksanaan rukun islam dan pembiasaanya dalam kehidupan sehari-hari, serta fikih muamalah yang menyangkut pengenalan dan pemahaman sederhana mengenai ketentuan tentang makanan dan minuman yang halal dan haram, khitan, kurban, serta tata cara pelaksanaan jual beli dan pinjammeminjam.

Serta substansial mata pelajaran fikih memiliki kontribusi dalam memberikan motivasi kepada peserta didik untuk mempratikkan dan menerapkan hukum islam dalam kehidupan sehari-hari sebagai perwujudan keserasian, keselarasan, dan keseimbangan hubungan manusia dengan Allah SWT, dengan diri manusia itu sendiri, sesama manusia, makhluk lainnya ataupun lingkungannya.
Itulah sedikit gambaran betapa rumitnya pelajaran ini sehingga para pendidik/guru ekonomi perlu mempersiapkan dengan baik agar hasilnya juga baik.

Oleh karena itu disini peran pendidik harus lebih kreatif dan inovatif dalam menciptakan suasana belajar  yang menarik dan menyenangkan.

Mampu menyajikan materi pembelajaran dengan tampilan yang tersaji menarik secara terstruktur, sehingga siswa merasa gembira dalam mengikuti proses pembelajaran, dan juga fokus pada materi serta pendalaman konsep sehingga materi yang tersaji walaupun dengan kompleksitas yang tinggi dan beragam pun bisa tetap di pahami secara baik dan menyeluruh tanpa merasa kesulitan dan membosankan.

Disinilah perlu adanya rencana yang baik dan tersetruktur dalam merencanakan proses kegiatan belajar dan mengajar yang baik dan menarik tadi.

Hal tersebut tidak bisa lepas dari pembuatan perangkat pembelajaran yang baik dan terencana, oleh karenanya saya bermaksud berbagi contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang bisa dijadikan acuan namun juga masih tetap bisa di sesuaikan dengan kemampuan dan juga keadaan di sekolah rekan-rekan sahabat madrasahmuba.

Dalam perangkat pembelajaran yang saya bagikan nanti tidak hanya terdiri dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Saja namun sudah dilengkapi dengan Program Tahunan (prota), Program Semester (promes), dan juga beberapa perangkat pendukung lainya.

Smua file yang saya bagikan dalam bentuk Microsoft Word sehingga bisa dengan mudah diedit dan disesuaikan dengan keadaan dan kebutuhan.

File kami simpan dalam Google Drive sehingga sangat mudah dalam mengakses dan mendownloadnya, rekan-rekan yang mengalami keulitan dalam mendownload itu bisa dikarenakan rekan-rekan dalam melakukan login belum menggunakan akun gmail.

Kami sarankan rekan-rekan dapat terlebih dahulu login dengan akun gmail di browser, akan lebih baik lagi jika rekan-rekan juga telah memiliki googe drive sehingga bisa juga langsung menyimpanya di google drive rekan-rekan sehingga dapat diakses dengan mudah kapan saja dan dimana saja.
Langsung saja kita akan mulai membahasnya satu persatu dan rekan-rekan dapat mengakses dan mendownloanya melalui link berwarna merah yang nanti kami sertakan.

SILABUS
Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi , kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber/bahan/alat belajar. Untuk mendownload silabus silahkan simpan

PROGRAM TAHUNAN
Program tahunan adalah rencana penetapan alokasi waktu satu tahun untuk mencapai tujuan (SK dan KD) yang telah ditetapkan.Penetapan alokasi waktu diperlukan agar seluruh kompetensi dasar yang ada dalam kurikulum seluruhnya dapat dicapai oleh siswa. Silahkan download 

PROGRAM SEMESTER
Program semester adalah program pengajaran yang harus dicapai selama satu semester, selama periode ini diharapkan para siswa menguasai pengetahuan, sikap dan keterampilan sebagai satu kesatuan utuh. Silahkan Download 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Menurut Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar. Silahkan Download 

    BAGI YANG MASIH BINGUNG CARA MENDOWNLOADNYA IKUTI LANGKAH BERIKUT :
1.Setelah masuk ke laman download centrang kotak yang ada tulisan I'm Not Robot
2.Lalu cari tulisan click Hire To Continue
3. Saat masuk ke laman pop up/iklan baru, tutup saja lalu liat kembali ke laman sebelumnya
4. dilaman sebelumnya sudah muncul tulisan Generate link / GET LINK . klik saja
anda akan masuk ke laman drive untuk DOWNLOAD

File ini dibagikan secara gratis dan kami sangat tidak menyarankan untuk memperjualbelikanya, jika terbukti rekan-rekan ada yang memperjualbelikanya dengan sengaja, maka jika ada pihak-pihak yang merasa dirugikan kami tidak bertanggung jawab.

Silahkan dipergunakan secara bijak dan sesuai kebutuhan.


Sebagai bentuk dukungan agar kami bisa tetap eksis, silahkan meluangkan waktu untuk mengunjungi iklan yang mungkin bermanfaat bagi rekan-rekan.

silahkan di share di sosial media, dan jika mengalami kendala silahkan komentar di kolom yang tersedia. 

12 comments:

  1. iya, saya apresiasi usaha bapak atau ibu guru yang membantu membina peserta didik jenjang aliyah atau setara dengan membagikan metode pembelajaran yang dibutuhkan bagi setiap pengajar, namun ketika kami sudah mendaftar sebagai penguna akun google dan melakukan download, kami kesulitan untuk membuka file tersebut, karena terkunci dengan password. mohon dibagikan passwordnya ! trims

    ReplyDelete
  2. assalamualaikum kak. passwordnya apayah kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. izin akses perangkat pembeljaran bolehkah minta Passwordnya terima kasih

      Delete
  3. coba teman2 pakai passwordnya : azzahrafiqih

    ReplyDelete
  4. alhmdullih bisa. mksih mbak Rhinie Indriani password. semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  5. Alhamdulillah bisa kebuka, trimakasih bu Rhini Indriani

    ReplyDelete
  6. Minta tolong bu Rhini Indriani pasword perangkat pembelajaran fiqih k 13 ma revisi 2017

    ReplyDelete