Monday, March 30, 2020

MATERI PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS X INDAHNYA ASMAUL HUSNA

Indahnya Asmaul Husna
1. Lafal dan arti Asmaul Husna 

Setiap nama  Allah Swt. pasti mengandung sifat yang berkaitan dengan nama dan keluhuran  Allah Swt. melalui wahyu-Nya yang disampaikan oleh para rasul-Nya  Allah memberitahukan kepada makhluk-Nya tentang nama-nama-Nya. Nama-nama  Allah itu disebut dalam l-Quran dengan al-Asma’ al-Husna yang artinya nama-nama yang baik. Asma artinya nama dan husna artinya lebih baik. jadi nama-nama  Allah itu adalah nama yang paling baik dan sempurna sedikitun tidak ada kekurangannya. Lafal smaul Husna dalam Al-Quran terdaat dalam 4 ayat. Sedang nama-nama  Allah terdapat pada 2 ayat yang meliputi  nama sementara  nama lainnya dijelaskan oleh hadis nabi.  Meskipun nama-nama tersebut bukan termasuk dalam Al-Quran namun tidak bertentanan dengan ayat al-Quran. Asmaul Husna adalah nama-nama yang indah. Jumlahnya ada 99 nama.

2.  Mengkaji 10 Asmaul Husna 
Dengan menghafal dan mengetahui nama-nama  Allah, kita dapat mengetahui dan memahami sifat-sifat  Allah. Baik mari kita pelajari 10 asmaul husna berikut:

  •  Al-Kariim artinya Yang Maha Mulia.  Allah adalah Dzat Yang Maha sempurna dengan kemulian-Nya. Dia terbebas dari perbuatan negatif dari makhluk-makhluk-Nya. Karena perbuatan negatif makhluk sama sekali tidak akan mempengaruhi dan mengurangi kemuliaan Allah Swt. 
Maka Maha tinggi  Allah, raja yang sebenarnya, tidak ada Tuhan selain Dia. Tuhan (yang mempunyai) arsy yang mulia. (QS. Al-Mu’minnjn [23]:116)
Dengan memahami dan menghayati makna asmaul husna Al-Karim, maka seharusnya kita memiliki budi pekerti yang luhur  sehingga ia akan hidup dalam derajat yang mulia, baik di sisi  Allah maupun di sisi manusia. Kita juga harus berusaha menghindari akhlak yang tercela yang membuat kita menjadi hina baik di hadapan Allah Swt. maupun di hadapan sesama.
  • Al-Mukmin artinya Yang Maha Memberi Keamanan. Allah Swt. adalah satu-satunya dzat yang menjadi sumber rasa aman dan keamanan. Mukmin yang sejadi adalah mukmin yang mengharap keamanan dari Allah Swt. Tidak meminta keamanan dan perlindungan dari yang selain Allah Swt. Menurut Imam Al-Ghazali mengartikan Al Mu’min dikembalikannya rasa aman dan keamanan, ditutupnya segala jalan yang menimbulkan rasa takut. Rasa aman akan tergambar pada saat seorang manusia mengalami ketakutan. 
Dengan memahami dan menghayati makna asmaul husna Al-Mu’min seharusnya kita meneladani sifat  Allah tersebut, yaitu satu sama lainnya saling memberi rasa aman dan keamanan sehingga terciptalah suasana yang nyaman. Demikian pula kita harus menghindari dari melakukan hal-hal yang dapat membuat orang lain merasa takut atau mengusik ketenangan orang lain.
  • Al-Wakil berarti Yang Maha Mewakili. Dialah wakil yang mutlak. Dialah yang mengurusi segala sesuatu yang menjadi urusan hambanya. Disamping itu Dia juga menyediakan segala sesuatu yang dibutuhkan oleh umat manusia. Hanya  Allah yang dapat memudahkan makhlukNya dari kesusahan yang dihadapi hamba-Nya.
 Dengan memahami dan menghayati makna asmaul husna  Al-Wakil, maka kita akan sadar bahwa hanya  Allah tempat menggantungkan diri kepada  Allah. Sebab selain  Allah tiada yang dapat mencukupi segala kekurangan. Kita juga akan saling menjaga terhadap sesama, tidak suka mengganggu ketenangan orang lain aplagi mengancam keselamatan orang serta suka menteror orang lain.
  • Al-Matin berarti Yang Maha Kokoh.  Allah adalah dzat yang mempunyai kekuatan yang sempurna. Kekuatan-Nya terbebas dari kelemahan. KekuatanNya yang kokoh tidak bisa digoyahkan oleh perbuatan makhluk-Nya. Kekuatan-Nya berdiri sendiri dan tiada yang membantu dalam kekuatan.
Sesungguhnya  Allah Dialah Maha Pemberi rezeki Yang Mempunyai Kekuatan lagi Sangat Kokoh. (QS. Adz-Dzariyat [51] : 58)
Dengan memahami dan menghayati makna asmaul husna Al-Matin, maka kita akan sadar jika meminta pertolongan meminta hanya pada Allah Swt. saja. Tidak akan meminta kepada yang lain. Karena hanya  Allah yang memiliki kekuatan yang sempurna. Kita juga akan terhindar dari sikap sombong, karena kita sadar bahwa kemampuan kita terbatas, jauh dari sifat sempurna.
  • Al-Jami’ berarti Yang Maha Mengumpulkan. Allah Swt. adalah Dzat yang menghimpun manusia pada hari kiamat kelak.  Allah pula yang mengumpulkan bagian-bagian tubuh manusia yang berserakan, lalu dibangkitkan kembali dari alam kubur. Tidak ada seorang hamba yang lepas dari himpunan-Nya, baik mereka yang ada di pemakaman maupun mereka yang mati secara tidak wajar seperti mati tenggelam, di makan binatang buas dan lain sebagainya. Semua akan dihimpun oleh  Allah mulai dari manusia yang pertama sampai manusia yang terakhir nanti.
Katakanlah: “ Allah-lah yang menghidupkan kamu kemudian mematikan kamu, setelah itu mengumpulkan kamu pada hari kiamat yang tidak ada keraguan padanya; akan tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui.(QS. Al Jatsiyah [45] : 26)
Dengan memahami dan menghayati makna asmaul husna Al-Jami’’, maka akan membuat kita sadar bahwa kita suatu saat akan mati dan suatu saat akan dikumpulkan di sebuah tempat yang bernama padang makhsyar, menunggu pennetuan nasib di akhirat apa akan bertempat di surga atau neraka. Dengan demikian kita akan hati-hati dalam bertindak dan berbuat karena semuanya akan dimintai pertanggungjawaban.
  • Al-‘Adlu berarti adil. Maksudnya, Allah Swt. adalah dzat yang maha adil. Keadilan Allah Swt. terhadap makhluk-Nya meliputi segala hal, baik yang menyangkut urusan keduniaan maupun urusan akhirat. Allah Swt. memberi rezeki kepada setiap makhluk asalkan mau berusaha. Demikian pula dalam hal ibadah, Allah Swt. tidak pernah membedakan cara ibadah antara hamba yang satu dengan hamba yang lain. Semua sama, kaya dan miskin mempunyai kewajiban ibadah yang sama. Allah Swt. ber¿rman dalam ayat berikut ini.
Dengan memahami dan menghayati makna asmaul husna Al-‘Adlu kita senantiasa bersikap husnuzzan (positif thinking) kepada Allah terhadap semua ketentuan  Allah. Kita akan senantiasa bersyukur kepada  Allah atas ketentuan  Allah yang adil yang kita terima. Disamping itu kita juga harus meneladani sikap ini dengan menerapkan sikap adil terhadap sesama. 
  • 7.    An-Nafi' berarti Pemberi Manfaat  Allah Swt. telah menciptakan manusia sebagai makhluk-Nya yang paling baik dan sempurna serta telah memberikan karunia yang membuat manusia menjadi makhluk yang unggul di antara makhluk yang lain. Karunia tertinggi yang diberikan  Allah  yaitu akal, kalbu, fitrah, dan iman. Kasih sayang  Allah Swt. Tidak henti-hentinya diberikan kepada manusia, seperti kebaikan yang telah diciptakan-Nya. Jika seorang mengamati alam semesta ciptaan  Allah Swt. maka semua ada manfaatnya bagi manusia. Tidak ada yang sia-sia dalam ciptaan  Allah Swt.
Katakanlah: «Aku tidak berkuasa mendatangkan kemudharatan dan tidak (pula) kemanfaatan kepada diriku, melainkan apa yang dikehendaki Allah». tiap-tiap umat mempunyai ajal. apabila telah datang ajal mereka, Maka mereka tidak dapat mengundurkannya barang sesaatpun dan tidak (pula) mendahulukan(nya). (QS. Yunus [10] : 49)
Dengan memahami dan menghayati makna asmaul husna An-Na¿’ maka kita bersyukur kepada Allah Swt. yang telah memberi banyak nikmat yang membawa banyak manfaat bagi kita dan orang-orang sekitar kita. Di samping itu kita akan berusaha menjadi orang yang bermanfaat bagi diri, agama, keluarga, umat, masyarakat bangsa dan negara.
  • Al-Basit adalah nama  Allah yang menyertai bahkan tak terpisahkan dengan nama sebelumnya, yaitu Al-Qaabidh. Jika Al-Qaabidh bermakna menyempitkan, maka Al-BƗsith berarti sebaliknya, Maha Melapangkan. Kata Al-BƗsith sendiri berasal dari ba
Dan Jikalau  Allah melapangkan rezki kepada hamba-hamba-Nya tentulah mereka akan melampaui batas di muka bumi, tetapi  Allah menurunkan apa yang dikehendaki-Nya dengan ukuran. Sesungguhnya Dia Maha mengetahui (keadaan) hamba-hamba-Nya lagi Maha melihat. (QS. Asy-Syura [42] : 27)
 Ayat di atas mengandung pesan yang tegas, bahwa terhadap distribusi rizki yang tidak merata itu jangan disikapi dengan su’uzzan, berburuk sangka seolah-olah  Allah tidak adil kepada hamba-hambaNya. Pesan itu menjadi semakin terang setelah  Allah menutup ayat di atas dengan menyatakan bahwa Dia Maha Mengetahui dan Maha Melihat. Dengan memahami dan menghayati makna asmaul husna Al-Basit maka kita seharusnya bersyukur kepada Allah karena Alah Swt telah melapangkan rezeki kepada kita dengan berbagai nikmat yang kita tidak akan sanggup menghitungnya. Disamping itu seharusnya memiliki sikap kerja keras di dalam mencari anugerah Allah serta bersabar jika suatu saat mengalami sedikit hambatan di dalam mencari rezeki.
  • 9.  Allah Yang Maha Memelihara, tiada tuhan melainkan Dia, Yang Hidup kekal lagi terus-menerus mengurus (makhluk-Nya). 
Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia yang hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. tiada yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izinNya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. KursiAllah meliputi langit dan bumi. dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha besar. (QS. Al-Baqarah [2] : 255) Ayat di atas menegaskan bahwa Allah Swt. sangat sibuk mengurus semua makhluk-Nya hingga Dia tidak pernah mengantuk maupun tertidur. Bayangkan jika sedetik saja benda-benda angkasa lepas dari pengawasan-Nya lalu beredar di luar garis orbitnya, apa yang terjadi? Bumi, bulan, matahari, planet, galaksi, supergalaksi, super-supergalaksi saling berbenturan, bertabrakan, dan hancur berkeping-keping. Hanya karena Dia Al-HƗ¿dz, Yang Maha Pemelihara semua berjalan pada garis edarnya. Dengan memahami dan menghayati makna asmaul husna Al-HƗ¿dz maka kita akan sangat bersyukur kepada Allah Swt. yang telah memelihara dan menjaga kita dalam segala aspek kehidupan. Di samping itu kita akan semakin sadar bahwa hanya Allah sajalah yang bisa menjaga kita. Yang lain tidak mampu menjaga dan menjamin keselamatan kita. Sehingga kita akan berlindung hanya kepada Allah saja. 

  • Al-Akhir berarti yang Maha Akhir. Allah Swt. adalah Dzat Yang Maha Akhir (kekal). Akhir bagi  Allah tidak ada ujung dan tanpa batas. Setelah semua makhluk musnah, Allah Swt. akan tetap ada dan tidak akan mengalami kemusnahan. Berbeda dengan makhluk-Nya yang akan mengalami kepunahan dan kemusnahan. Setiap makhluk akan mengalami akhir baik. Makhluk hidup akan berakhir dengan kematian. Sedangkan benda mati akan mengalami kepunahan seperti lapuk yang kemudian hancur lebur.
` Dialah Yang Awal, Yang Akhir, Yang Zahir dan Yang Batin dan Dia Maha mengetahui segala sesuatu. (QS. Al-HadƯd [57] : 3)

Dengan memahami dan menghayati makna asmaul husna Al-Akhir maka kita menjadi sadar bahwa  Allah saja yang akan kekal sementara hidup kita akan berakhir. Berangkat dari kesadaran tersebut, maka kita tidak akan lupa diri dan terlena dengan kehidupan dunia yang sementara ini. Kita juga giat mempersiapkan diri dengan bekal ibadah yang akan kita bawa ke alam akhirat.

Dengan memahami ajaran Islam mengenai asmaul husna maka seharusnya kita  memiliki sikap sebagai berikut :

  1. Memiliki budi pekerti yang luhur  sehingga ia akan hidup dalam derajat yang mulia, baik di sisi Allah maupun di sisi manusia. Hal tersebut sebagai implementasi dari pemahaman terhadap asmaul-husna al-Karrm 
  2. Saling memberi rasa aman dan keamanan sehingga terciptalah suasana yang nyaman. Hal tersebut sebagai implementasi dari pemahaman terhadap asmaul-husna al-Mu’min 
  3. Sadar bahwa hanya Allah tempat menggantungkan diri kepada Allah. Sebab selain Allah tiada yang dapat mencukupi segala kekurangan. Hal tersebut sebagai implementasi dari pemahaman terhadap asmaul-husna al-Wakrl 
  4. Sadar jika meminta pertolongan meminta hanya pada Allah swt saja. Tidak akan meminta kepada yang lain. Hal tersebut sebagai implementasi dari pemahaman terhadap asmaul-husna al-Matrn
  5. Sadar bahwa kita suatu saat akan mati dan suatu saat akan dikumpulkan di sebuah tempat yang bernama padang makhsyar. Hal tersebut sebagai implementasi dari pemahaman terhadap asmaul-husna al-Jwmi 
  6. Bersikap husnuzzan kepada Allah terhadap semua ketentuan Allah Swt. Kita akan senantiasa bersyukur atas ketentuan Allah yang adil yang kita terima. Hal tersebut sebagai implementasi dari pemahaman terhadap asmaul-husna al-‘Adl
  7. Bersyukur kepada Allah Swt. yang telah memberi banyak nikmat yang membawa banyak manfaat bagi kita dan orang-orang sekitar kita. Hal tersebut sebagai implementasi dari pemahaman terhadap asmaul-husna an-Nwfi‘ 
  8. Bersyukur kepada Allah karena Alah Swt telah melapangkan rezeki kepada kita dengan berbagai nikmat yang kita tidak akan sanggup menghitungnya. Hal tersebut sebagai implementasi dari pemahaman terhadap asmaul-husna al-Bwsih 
  9. Bersyukur kepada Allah Swt. yang telah memelihara dan menjaga kita dalam segala aspek kehidupan. Hal tersebut sebagai implementasi dari pemahaman terhadap asmaul-husna al-hafidz 
  10. Sadar bahwa  Allah saja yang akan kekal sementara hidup kita akan berakhir. Dengan demikiaan kita tidak akan lupa diri dan terlena. Hal tersebut sebagai implementasi dari pemahaman terhadap asmaul-husna al-akhir.
UNTUK MENDOWNLAOD BUKU AKIDAH AKHLAK KLS X KLIK LINK DIBAWAH

DOWNLOAD BUKU AKIDAH AKHLAK KLS X MA

SOAL
Jawablah pertanyaan berikut dengan benar!
  1. Jelaskan bahwa Allah memiliki asmaul husna al-Karim! 
  2. Sikap apa yang harus kita miliki sehubungan dengan asmaul husna al-Mukmin? 
  3. Jelaskan bahwa Allah memiliki asmaul husna al-Wakil !
  4. Sikap apa yang harus kita miliki sehubungan dengan asmaul husna al-Matin ?
  5. Jelaskan bahwa Allah memiliki asmaul husna al-Jami’! 
  6. Sikap apa yang harus kita miliki sehubungan dengan asmaul husna al-Adlu ?
  7. Jelaskan bahwa Allah memiliki asmaul husna an-Nafi'! 
  8. Sikap apa yang harus kita miliki sehubungan dengan asmaul husna al-Basith ?
  9. Jelaskan bahwa Allah memiliki asmaul husna al-Hafidz! 
  10. Sikap apa yang harus kita miliki sehubungan dengan asmaul husna al-Akhir !

1 comment: