Sunday, September 10, 2017

INILAH INFORMASI TERBARU MENGENAI PERUBAHAN EMIS 2017/2018


Agenda pendataan rutin  EMIS pada semester gazal tahun pelajaran 2017/2018 sudah masuk pada waktunya.

Jika selama ini banyak kendala yang ditemui pada saat pengisian data mulai dari aplikasi excel, dilanjutkan dengan aplikasi dekstop dan pada akhirnya yang paling akhir adalah upload online.


Sepertinya angin segar buat para operator emis, karena menurut informasi yang beredar dalam grup operator Emis ada beberapa keterangan yang cukup menggembirakan namun juga harus benar-benar di pahami dan diindahkan agar pada akhirnya tidah akan mengalami kesulitan.

Beberapa hal yang menggembirakan adalah menurut informasi bahwa untuk semester gazal 2017/2018 ini pengisian data tidak lagi dilakukan melalui aplikasi excel namun seperti aplikasi berbentuk seperti aplikasi raport.



Informasi secara lengkap sialahkan di simak dan dipahami penjelasan berikut ini:

Informasi Emis 2017/2018 Hasil Sosialisasi Team EMIS Pusat yang saya rilis dari grup Operator Emis di sosial media yang bisa di akses langsung melalui link GRUP OPERATOR SIMPATIKA DAN EMIS MADRASAH


Menurut Informasi Emis ganjil 2017/2018 tidak pakai format excel lagi namun pola seperti aplikasi raport, database referensi hasil data genap 16/17 diambil secara online lalu direstore ke aplikasi dekstop, lembaga cukup mengganti status siswa naik kelas atau tidak, lulus atau tidak serta mutasi. 

Selanjutnya menginput siswa baru saja. selain itu juga melengkapi data lalu, yg sekiranya tidak di isi secara lengkap.

Bagi MI yg mendapat siswa baru dari TK, agar dicroscek lagi terkait NISN, karena info bahwa di TK sudah diterbitkan NISN agar tidak lagi diusulkan pada jenjang MI.

Pihak sekolah/lembaga dimohon untuk mengecek  lagi secara detail dan akurat terkait NISN dan NISM siswa. jika ada kesalahan agar segera diperbaiki di semester ini, karena pola pendataan kedepan sudah tidak bisa diperbaiki lagi karena sistem database referensi online berbasis pendataan sebelumya

Yang tidak kalah penting adalah  mengecek dengan teliti tingkatan kelas siswa karena menurut informasi kedepannya tingkatan kelas tidak dinput lagi, tugas sekolah/lembaga hanya menetapkan status naik kelas atau tidak, karena sering terjadi salah penempatan kelas dan jenis kelamin.

Kabar gembiranya adalah kedepannya emis akan online real time sehingga saat ada perubahan, lembaga langsung merubahnya dan otomatis akan  diperbaharui di server kanwil dan pusat. 

Aplikasi emis juga akan terintegrasi dengan aplikasi raport sehingga lembaga akan langsung menginput absen dan semua nilai siswa dan pas akhir semester madrasah juga langsung mencetak raport siswa untuk dibagikan ke siswa

Nantinya di aplikasi emis akan ada output berita acara yg digunakan untuk pencairan dana BOS tiap semester, jadi jumlah siswa di EMIS menjadi patokan pencairan dana BOS dan lembaga yg tidak selesaikan emis maka tidak bisa mencairkan dana bos

Aplikasi emis juga akan dikembangkan seperti Dapodik yg seluruh pendataan terintegrasi dalam satu aplikasi yg tentunya butuh waktu.

Lalu kapan kira-kira ini smua bisa kita mulai, menurut info yang kami terima, bahwa pada akhir bulan september 2017 ini, aplikasi emis ini sudah dapat kita akses.

Para operator madrasah tentunya memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya karena sudah menjadi impian bahwa aplikasi emis dapat terintegrasi an juga dapat online realtime seperti aplikasi dapodik/simpatika.

Banyak juga para operator yang berharap bahwa aplikasi emis pada akhirnya bisa terintergrasi secara penuh dengan aplikasi dapodik sehingga seandanya ada siswa pindah masuk maupun siswa pindah keluar dari atau ke sekolah di bawah naungan diknas maka madrasah tidak lagi mengalami kendala.

Semoga aplikasi emis semakin baik dan semakin membawa Madrasah untuk terdepan.

0 comments:

Post a Comment