Wednesday, September 13, 2017

Petunjuk Teknis APLIKASI PRA KONDISI / PEMBEKALAN AWAL PLPG SERTIFIKASI GURU DALAM JABATAN 2017




Sahabat Madrasah Muba.

Bagi para rekan-rekan yang telah dinyatakan lolos sebagai calon peserta PLPG Sertifikasi Guru Dalam Jabatan melalui aplikasi simpatika kami ucapkan SELAMAT. 

Namun perjuangan belum berakhir rekan-rekan, dengan dinyatakan lolos sebagai calon peserta berarti kita harus lebih awas dalam memasang mata dan telinga agar tidak ketinggalan kereta.

langkah awal yang harus dilakukan oleh rekan-rekan adalah mengakses  http://ksg.kemdikbud.go.id/pembekalan/login  lalu akan muncul halaman seperti gambar berikut.



Lalu silahkan login dengan username dan pasword yang biasa digunakan untuk login simpatika (khusus untuk guru madrasah).

Waktunya sangat terbatas, oleh karena itu harus disegerakan mengingat ini adalah aplikasi onlin yang mana semakin mendekati akhir maka akan semakin banyak yang mengakses yang itu berarti jaringan akan semakin padat.

Berikut secara ringkas akan saya rilis beberapa hal terkait Petunjuk Teknis APLIKASI PRA KONDISI / PEMBEKALAN AWAL PLPG SERTIFIKASI GURU DALAM JABATAN 2017 Untuk GURU Madrasah yang di terbitkan oleh Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Agama Republik Indonesia 2017

  1. Pra kondisi PLPG atau pembekalan awal PLPG merupakan rangkaian kegiatan yang harus diikuti oleh seluruh peserta PLPG 2017.
  2. Pembekalan awal PLPG dilaksanakan dengan tujuan agar para guru lebih siap dalam mengikuti PLPG. Di pembekalan awal PLPG, peserta mempelajari 2 sumber belajar yaitu: sumber belajar pedagogik & sumber belajar bidang studi.


Pembekalan awal PLPG dilaksanakan kurang lebih selama 2 bulan, di mana setiap peserta mempunyai kewajiban untuk membuat laporan kemajuan sebanyak 4 kali.

Nilai akhir pembekalan awal PLPG merupakan akumulasi dari 30% skor proses, 30% skor laporan, dan 40% skor presentasi laporan.

Setiap rombel pembekalan awal PLPG, rata-rata terdiri dari 10 orang peserta, dan setiap rombel difasilitasi oleh 1 orang mentor.

Materi/bahan ajar pembekalan awal PLPG, dapat diunduh di http://sertifikasikemenag.id 
Pembekalan awal PLPG dilaksanakan secara daring (online) pada alamat https://ksg.kemdikbud.go.id/pembekalan.

Menu pada aplikasi, terdiri dari 3 (tiga) bagian yaitu: 1) Menu untuk Mentor; 2) Menu untuk Guru; dan 3) Menu untuk Admin ASG LPTK

Halaman http://sertifikasikemenag.id hanya untuk bahan ajar saja, bukan tempat diskusi/proses pembekalan awal PLPG.

Pastikan guru/peserta login ke halaman: https//ksg.kemdikbud.go.id/pembekalan .

Peserta diberi kesempatan paling lama 2 minggu untuk mengaktifkan akun. Jika dalam waktu 2 minggu peserta belum mengaktifkan akunnya, maka peserta tersebut dianggap mengundurkan diri.

Pada kegiatan mentoring harus ada interaksi antara mentor (pendamping) dengan peserta secara daring, khusus untuk peserta di daerah tertentu mentoring dilaksanakan melalui email atau tatap muka.

Skor Pembekalan Awal PLPG (SP) minimal 65, artinya jika SP < 65, maka peserta dinyatakan tidak lulus PLPG.

Peserta wajib membuat laporan akhir pembekalan PLPG dan dibawa saat datang ke lokasi PLPG.

berikut adalah alur pelaksanaan PLPG 2017



 Langkah-langkah selanjutnya akan kami gambarkan secara simple dalam penjelasan di bawah ini, namun bagi rekan-rekan yang ingin mendownload dalam bentuk PDF silahkan 

DOWNLOAD JUKNIS PLPG 2017 PDF


Menu LOGIN
2.Isikan username dan password
3.Klik Login

Menu DASHBOARD

1.Profile guru
2.Tempat mengunduh materi/bahan ajar
3.Guru belum mendapatkan kelas/rombel
4.Jadwal PLPG
5.Tombol untuk mengedit akun guru

Mentoring
Proses mentoring diawali dengan guru mengklik masuk ke kelas. Di dalam kelas ada 2 menu utama yaitu, menu forum dan menu laporan kemajuan

Setelah mengklik masuk ke kelas, maka akan muncul seperti tampilan di bawah ini.
1.Guru memilih forum/laporan kemajuan
2.Rekaman percakapan antara mentor dan peserta
3.Tempat guru menulis komentar

dan silahkan ikuti langkah-langkah selanjutnya. terimakasih.

0 comments:

Post a Comment