Wednesday, September 13, 2017

RPP dan Perangkat Pembelajaran EKONOMI K-13 Kelas X, LENGKAP (GRATIS DOWNLOAD)



Mata pelajaran Ekonomi adalah salah satu mata pelajaran yang di masukan kedalam salah satu mata pelajaran pilihan/peminatan dan juga mata pelajaran yang di Ujian Nasionalkan (UN) khususnya untuk jurusan Ilmu-ilmu Sosial (IIS).

Berikut adalah salah satu materi dalam Kajian Ruang Lingkup Ekonomi sebagai gambaran cukup sulitnya pelajaran ini sehingga memerlukan persiapan yang baik dan matang.

EKONOMI MIKRO
Yang dimaksud Ekonomi Mikro adalah ekonomi yang menganalisis bagian-bagian  kecil dari keseluruhan kegiatan perekonomian.

Ruang Lingkup ekonomi mikro:
  • RTK (Rumah Tangga Konsumsi),
  • RTP (Rumah Tangga Produksi),
  • Individu.


EKONOMI MAKRO
Yang di maksud Ekonomi Makro adalah ekonomi yang menganalisis keseluruhan dalam permasalahan kegiatan perekonomian.

Sedangkan Kajian Ruang Lingkup ekonomi makro: Permasalahan yang menyangkut masalah negara.
Pengangguran,
  • Inflasi,
  • Pertumbuhan Ekonomi,
  • Ketidakstabilan kegiatan ekonomi,
  • Neraca Pembayaran, dll.

Itulah sedikit gambaran betapa rumitnya pelajaran ini sehingga para pendidik/guru ekonomi perlu mempersiapkan dengan baik agar hasilnya juga baik.

Oleh karena itu disini peran pendidik harus lebih kreatif dan inovatif dalam menciptakan suasana belajar  yang menarik dan menyenangkan.

Mampu menyajikan materi pembelajaran dengan tampilan yang tersaji menarik secara terstruktur, sehingga siswa merasa gembira dalam mengikuti proses pembelajaran, dan juga fokus pada materi serta pendalaman konsep sehingga materi yang tersaji walaupun dengan kompleksitas yang tinggi dan beragam pun bisa tetap di pahami secara baik dan menyeluruh tanpa merasa kesulitan dan membosankan.

Disinilah perlu adanya rencana yang baik dan tersetruktur dalam merencanakan proses kegiatan belajar dan mengajar yang baik dan menarik tadi.

Hal tersebut tidak bisa lepas dari pembuatan perangkat pembelajaran yang baik dan terencana, oleh karenanya saya bermaksud berbagi contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang bisa dijadikan acuan namun juga masih tetap bisa di sesuaikan dengan kemampuan dan juga keadaan di sekolah rekan-rekan sahabat madrasahmuba.

Dalam perangkat pembelajaran yang saya bagikan nanti tidak hanya terdiri dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Saja namun sudah dilengkapi dengan Program Tahunan (prota), Program Semester (promes), dan juga beberapa perangkat pendukung lainya.

Smua file yang saya bagikan dalam bentuk Microsoft Word sehingga bisa dengan mudah diedit dan disesuaikan dengan keadaan dan kebutuhan.

File kami simpan dalam Google Drive sehingga sangat mudah dalam mengakses dan mendownloadnya, rekan-rekan yang mengalami keulitan dalam mendownload itu bisa dikarenakan rekan-rekan dalam melakukan login belum menggunakan akun gmail.

Kami sarankan rekan-rekan dapat terlebih dahulu login dengan akun gmail di browser, akan lebih baik lagi jika rekan-rekan juga telah memiliki googe drive sehingga bisa juga langsung menyimpanya di google drive rekan-rekan sehingga dapat diakses dengan mudah kapan saja dan dimana saja.
Langsung saja kita akan mulai membahasnya satu persatu dan rekan-rekan dapat mengakses dan mendownloanya melalui link berwarna merah yang nanti kami sertakan.


Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi , kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber/bahan/alat belajar. Untuk mendownload silabus silahkan simpan SILABUS EKONOMI KLS X K-13


Program tahunan adalah rencana penetapan alokasi waktu satu tahun untuk mencapai tujuan (SK dan KD) yang telah ditetapkan.Penetapan alokasi waktu diperlukan agar seluruh kompetensi dasar yang ada dalam kurikulum seluruhnya dapat dicapai oleh siswa. Silahkan download PROGRAM TAHUNAN  EKONOMI KLS X K-13


Program semester adalah program pengajaran yang harus dicapai selama satu semester, selama periode ini diharapkan para siswa menguasai pengetahuan, sikap dan keterampilan sebagai satu kesatuan utuh. Silahkan Download PROMES EKONOMI KLS X K-13


Menurut Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar. Silahkan Download RPP EKONOMI KELAS X K-13 EDISI REVISI

File ini dibagikan secara gratis dan kami sangat tidak menyarankan untuk memperjualbelikanya, jika terbukti rekan-rekan ada yang memperjualbelikanya dengan sengaja, maka jika ada pihak-pihak yang merasa dirugikan kami tidak bertanggung jawab.

Silahkan dipergunakan secara bijak dan sesuai kebutuhan.

Sebagai bentuk dukungan agar kami bisa tetap eksis, silahkan meluangkan waktu untuk mengunjungi iklan yang mungkin bermanfaat bagi rekan-rekan.

silahkan di share di sosial media, dan jika mengalami kendala silahkan komentar di kolom yang tersedia. 

6 comments:

  1. ALHAMDULILLAH,,,bermanfaat sekali
    terima kasih

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah, sangat-sangat bermanfaat, terima kasih 😇

    ReplyDelete
  3. alhamdulillah makasih banyak ya

    ReplyDelete
  4. alhamdulillah.. sangat bermanfaat..
    terima kasih banyak..

    ReplyDelete
  5. Saya menggunakan alamat www.madrasahmuba.com sebagai tempat terbaik untuk menemukan informasi yang baik

    ReplyDelete