Wednesday, September 6, 2017

FREE DOWNLOAD RPP FIQIH K.13 KELAS X MA (FREE DOWNLOAD LENGKAP, BISA DIEDIT)


Mata pelajaran Fiqih adalah mata salah satu mata pelajaran dalam rumpun pendidikan agama islam (PAI).

Apabila di sekolah umum seperti SMA dan SMK mata pelajaran PAI hanya ada satu maka beda di Madrasah Aliyah (MA) mata pelajaran PAI terbagi menjadi empat yaitu Al-Quran Hadis, Fiqih, Akidah Akhlak, dan Sejarah Kebudayaan Islam (SKI).

Mata pelajaran Fiqih di madrasah aliyah di dalam struktur kurikulum 2013 terdapat pada setiap tingkatan dimulai dari kelas 10, 11 dan kelas 12. dengan jumlah jam per minggunya adalah 2 (dua) jam pelajaran.

Kata fikih adalah bentukan dari kata fiqhun yang secara bahasa berarti  (pemahaman yang mendalam) yang menghendaki pengerahan potensi akal.

Ilmu fikih merupakan salah satu bidang keilmuan dalam syariah Islam yang secara khusus membahas persoalan hukum atau aturan yang terkait dengan berbagai aspek kehidupan manusia, baik menyangkut individu, masyarakat, maupun hubungan manusia dengan Penciptanya.

Definisi fikih secara istilah mengalami perkembangan dari masa ke masa, se hingga tidak pernah bisa kita temukan satu definisi  yang tunggal. 

Pada setiap masa itu para ahli merumuskan pengertiannya sendiri. 

Sebagai misal, Abu Hani fah mengemukakan bahwa fikih  adalah pengetahuan manusia tentang hak dan kewajibannya. Dengan demikian, fikih bisa dikatakan meliputi seluruh aspek ke hidupan manusia dalam berislam, yang bisa masuk pada wilayah akidah, syariah, ibadah dan akhlak. 

Pada perkembangan selanjutnya, kita jumpai definisi  yang paling populer, yakni definisi yang dikemukakan oleh al-Amidi yang mengatakan bahwa fikih sebagai ilmu tetang hukum syara’ yang bersifat praktis yang diper- oleh melalui dalil yang terperinci.


Bagi yang membutuhkan perangkat pembelajaran Fikih kelas X Kurikulum 2013 kami sediakan filenya dalam bentuk  word yang bisa di download dan langsung bisa diedit melalui link di bawah ini:

  1. KI KD FIKIH kelas 10 Madrasah aliyah
  2. SILABUS FIKIH KLS X Madrasah Aliyah
  3. RPP FIKIH kls 10 Madrasah Aliyah
  4. Program Semester Fikih kls X Madrasah Aliyah
  5. Program Tahunan Fikih kelas X Madrasah Aliyah
  6. PERHITUNGAN KKM FIKIH KLS X  Madrasah Aliyah



Bagi yang masih bingung dengan cara downloadnya silahkan pelajari di TUTORIAL DOWNLOAD

Link Download Pasword silahkan DOWNLOAD DISINI

BAGI YANG MASIH BINGUNG CARA MENDOWNLOADNYA IKUTI LANGKAH BERIKUT : 

TUTORIAL DOWNLOAD PERANGKAT PEMBELAJARAN FIKIH KLS X LENGKAP GRATIS

1


Ruang lingkup yang terdapat pada ilmu Fikih adalah semua hukum yang berbentuk amaliyah untuk diamalkan oleh setiap mukallaf  (Mukallaf artinya orangyang sudah dibebani atau diberi tanggung jawab melaksanakan ajaran syariah Is-lam dengan tanda tanda seperti baligh, berakal, sadar, sudah masuk Islam).

Hukum yang diatur dalam fikih  Islam itu terdiri dari hukum wajib, sunah, mubah, makruh dan haram; di samping itu ada pula dalam bentuk yang lain se- perti sah, batal, benar, salah dan sebagainya.

Obyek pembicaraan Ilmu Fikih adalah hukum yang bertalian dengan perbua- tan orang-orang mukallaf yakni orang yang telah akil baligh dan mempunyai hak dan kewajiban. Adapun ruang lingkupnya seperti telah disebutkan di muka meli- puti:

  1. Pertama, hukum yang bertalian dengan hubungan manusia dengan khaliqnya (Allah Swt.). Hukum-hukum itu bertalian dengan hukum-hukum ibadah.
  2. Kedua,  hukum-hukum  yang  bertalian  dengan  muammalat,  yaitu  hukum- hukum yang mengatur hubungan manusia dengan sesamanya baik pribadi maupun kelompok. Kalau  dirinci adalah:


  • Hukum-hukum  keluarga  yang  disebut  Al-Ahwâl  Asy-Syakhshiyyah. Hukum ini mengatur manusia dalam keluarga baik awal pembentukannya sampai pada akhirnya.
  • Hukum-hukum perdata, yaitu hukum yang bertalian manusia dengan hubungan hak kebendaan yang disebut muamalah maddiyah.
  • Hukum-hukum lain termasuk hukum-hukum yang bertalian dengan perekonomian dan keuangan yang disebut al-ahkâm al-iqtisâdiyah wal mâliyyah.


Inilah hukum-hukum Islam yang   dibicarakan dalam kitab-kitab Fikih dan terus berkembang.



22 comments:

  1. gimana bisa membuka kalau pakai password

    ReplyDelete
  2. azzahrafiqih, ini passnya gue nyoba, alhamdulillah berhasil, :D

    ReplyDelete
  3. kenapa mengambil data punya azzahra

    ReplyDelete
  4. terimakasih banyak RPP nya ya...moga berkah selalu

    ReplyDelete
  5. belum bisa-bisa buka word nya.. passwordnya bener ?

    ReplyDelete
  6. yang punya website ngga tanggngjawab kunjungi aja simpendokumen.blogspot.com

    ReplyDelete