Thursday, August 24, 2017

DATA DAN FILE-FILE PENDUKUNG AKREDITASI MADRASAH ALIYAH 2017



Sudah menjadi sebuah tuntutan bahwa sekolah/madrasah yang sudah menyatakan dirinya layak untuk menjadi pilihan maka sekolah/madrasah tersebut sudah harus memiliki legalitas berupa sertifikat akreditasi sekolah/madrasah.

Masyarakat tentunya akan mempertimbangkan beberapa hal untuk dapat menitipkan putra/putrinya untuk dididik dalam sebuah lembaga pendidikan yang sudah terjamin mutunya dari berbagai aspek, dalam hal ini yang dapat mengukur serta memberi penilaian terhadap sekolah/madrasah itu sangat baik, baik, cukup atau bahkan kurang adalah hasil visitasi dari lembaga badan akreditasi  nasional sekolah/madrasah (BAN S/M)

Lebih spesifik, dalam hal ini adalah madrasah lebih khusus lagi adalah madrasah aliyah yang notabene masih lebih didominasi oleh madrasah swasta, tentunya sudah menjadi keniscayaan bahwa madrasah aliyah ketika ingin mendapatkan pengakuan dari pemerintah maupun masyarakat maka madrasah tersebut benar-benar harus berkomitmen kuat untuk mempersiapkan madrasahnya untuk terakreditasi dengan nilai yang memuaskan.

Akreditasi sekolah/madrasah merupakan proses penilaian secara komprehensif terhadap kelayakan satuan atau program pendidikan, yang hasilnya diwujudkan dalam bentuk pengakuan dan peringkat kelayakan yang dikeluarkan oleh suatu lembaga yang mandiri dan profesional. 

Ada beberapa hal penting yang mesti harus dipersiapkan untuk mencapai nilai yang di inginkan.

1. Pelajari Perangkat Akreditasi


Ada delapan setandar yang secara keseluruhan harus di persiapkan oleh Madrasah, baik dari segi fisiknya, administrasinya, SDM nya dan lain sebagainya.
Setandar tersebut antara lain :

(1) standar isi
(2) standar proses
(3) standar kompetensi lulusan
(4) standar pendidik dan tenaga kependidikan
(5) standar sarana dan prasarana
(6) standar pengelolaan
(7) standar pembiayaan

(8) standar penilaian pendidikan. 

2. Persiapkan Dokumenya

Satu langkah awal yang musti dilakukan oleh pihak pengelola/manajemen madrasah dalam mempersiapkan akreditasi adalah menyiapkan dokumen yang akan diajukan kepada lembaga terkait, yang nantinya dokumen tersebut akan di pertimbangkan apakah sudah layak untuk di laksanakan visitasi atau belum.

Untuk mendapatkan dokumen perangkat akreditasi silahkan berkunjung ke :  Perangkat Akreditasi SMA/MA 2017



3. Lengkapi Data dan File Pendukungnya

Setelah dokumen usulan berhasil dikirimkan, maka langkah selanjutnya adalah mengumpulkan, mendokumentasikan,melengkapi dan mempersiapkan Data serta file-file pendukung yang cukup banyak dan pastinya akan sangat memakan waktu, tenaga dan fikiran.

Untuk memudahkan para pengelola sekolah/madrasah berikut saya coba untuk berbagi data dan file-file yang harus di persiapkan. 



  • Data Dan File Pendukug Standar Isi SIMPAN
  • Data Dan File Pendukung Standar proses  SIMPAN
  • Data Dan File Pendukung Standar Kompetensi Lulusan SIMPAN
  • Data Dan File Pendukung Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan SIMPAN
  • Data Dan File Pendukung Standar Sarana dan Prasarana SIMPAN
  • Data Dan File Pendukung Standar Pengelolaan
  • Data Dan File Pendukung Standar Pembiayaan
  • Data Dan File Pendukung Standar Penilaian
4. Persiapkan Bukti Fisiknya


Walaupun file dan data pendukung yang saya bagikan tadi juga merupakan bukti fisik, namun ada beberapa hal lain yang juga merupakan bukti fisik yang akan di nilai langsung pada saat pelaksanaan Visitasi.

Bukti fisik tersebut meliputi sarana dan prasarana madrasah mulai dari ruang kepala sekolah, ruang guru, laboratorium bahasa, laboratorium biologi, laboratorium fisika dan kimia, laboratorium komputer, ruang kelas, ruang uks, wc siswa, wc guru, dan lain sebagainya.

Tidak kalah penting adalah perangkat dan peralatan di dalam ruangan itu sendiri, meliputi lemari, poster-poster, dan perlengkapan lainya yang tertera di dalam data pendukung harus benar-benar di lengkapi sesuai standar yang berlaku.

5. Siapkan TIM dan Sumber Daya Manusianya


Dalam pelaksanaan visitasi, kekompakan tim dari 8 standar sangat menentukan bagaimana asesor bisa memberikan penilaian secara lengkap dan komprehensif, oleh karena itu kesiapan dan kekompakan tim harus benar-benar dipersiapkan guna mencapai tujuan yang diinginkan.

Demikian yang bisa saya bagikan, apabila masih ada yang membutuhkan file-file terkait akreditasi bisa memberikan komentar di bawah dengan menyertakan no WA yang bisa, sebagai bentuk dukungan silahkan like & shere di media sosial.

Bila anda berkenan beritahu kawan dan sahabat, bila anda kurang berkenan silahkan beritahu kami. terimakasih



4 comments:

  1. Awalnya aku hanya mencoba main togel akibat adanya hutang yang sangat banyak dan akhirnya aku buka internet mencari aki yang bisa membantu orang akhirnya di situ lah aku bisa meliat nmor nya AKI NAWE terus aku berpikir aku harus hubungi AKI NAWE meskipun itu dilarang agama ,apa boleh buat nasip sudah jadi bubur,dan akhirnya aku menemukan seorang aki.ternyata alhamdulillah AKI NAWE bisa membantu saya juga dan aku dapat mengubah hidup yang jauh lebih baik berkat bantuan AKI NAWE dgn waktu yang singkat aku sudah membuktikan namanya keajaiban satu hari bisa merubah hidup ,kita yang penting kita tdk boleh putus hasa dan harus berusaha insya allah kita pasti meliat hasil nya sendiri. siapa tau anda berminat silakan hubungi AKI NAWE Di Nmr 085--->"218--->"379--->''259 atau klik dibawah PESUGIHAN TAMPA TUMBAL .

    ReplyDelete
  2. untuk satndar prosesnya kok linknya ke standar isi ya.. mohon perubahannya

    ReplyDelete
  3. Assalamu'alaikum.
    Terima kasih telah nge share ilmunya, semoga makin berkah buat Madrasah Muba, Amin.
    Untuk MTs ada ga Pa??

    ReplyDelete