Thursday, October 5, 2017

FREE DOWNLOAD RPP SEJARAH INDONESIA KLS X K-13 LENGKAP EDISI REVISI



Dirilis dari buku Guru Sejarah kelas X di nyatakan bahwa mata pelajaran Sejarah Indonesia merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam pembentukan watak dan kepribadian bagi generasi emas.

Mata pelajaran Sejarah Indonesia merupakan mata pelajaran wajib di jenjang pendidikan menengah (SMA/MA dan SMK/MAK). 
Sejarah memiliki makna dan posisi yang strategis, mengingat:


  • Manusia hidup masa kini sebagai kelanjutan dari masa lampau sehingga pelajaran sejarah memberikan dasar pengetahuan untuk memahami
  • kehidupan masa lalu, dan membangun kehidupan masa depan.
  • Sejarah mengandung peristiwa kehidupan manusia di masa lampau untuk dijadikan guru kehidupan (Historia Magistra Vitae).
  • Pelajaran Sejarah adalah untuk membangun memori kolektif sebagai bangsa untuk mengenal bangsanya dan membangun rasa persatuan dan kesatuan.
  • Sejarah memiliki arti strategis dalam pembentukan watak dan peradaban bangsa yang bermartabat serta dalam pembentukan manusia Indonesiayang memiliki rasa kebangsaan dan cinta tanah air.

Mata pelajaran Sejarah Indonesia dikembangkan atas dasar:

  • Semua wilayah/daerah memiliki kontribusi terhadap perjalanan Sejarah Indonesia hampir pada seluruh periode sejarah;
  • Pemahaman tentang masa lampau sebagai sumber inspirasi, motivasi, dan kekuatan untuk membangun semangat kebangsaan dan persatuan;
  • Setiap periode Sejarah Indonesia memiliki peristiwa dan atau tokoh di tingkat nasional dan daerah serta keduanya memiliki kedudukan yang penting dalam perjalanan Sejarah Indonesia;
  • Tugas dan tanggung jawab untuk memperkenalkan peristiwa sejarah yang penting dan terjadi di seluruh wilayah NKRI serta seluruh periode sejarah kepada generasi muda bangsa;
  • Pengembangan cara berpikir sejarah (historical thinking), konsep waktu, ruang, perubahan, dan keberlanjutan menjadi keterampilan dasar dalam mempelajari Sejarah Indonesia.

Sejarah diartikan secara sederhana sebagai ilmu tentang asal usul dan perkembangan peristiwa yang telah terjadi. Menurut Taufik Abdullah sejarah dapat dilihat dalam beberapa sisi, yaitu sejarah dapat digunakan sebagai nasehat misalnya dengan mengutip kata-kata Sukarno “jangan sekalisekali melupakan sejarah” ini berarti sejarah adalah sebuah kearifan yang dapat membimbing kita dalam mengarungi hidup saat ini dan merintis hari depan. Sejarah dapat juga dimaknai sebagai “guru” seperti “....sejarah telah mengajarkan pada kita bahwa....”. Dalam bidang filsafat, Hegel mengatakan bahwa “sejarah adalah proses ke arah cita kemanusiaan yang tertinggi”.


Hal tersebut tidak bisa lepas dari pembuatan perangkat pembelajaran yang baik dan terencana, oleh karenanya saya bermaksud berbagi contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang bisa dijadikan acuan namun juga masih tetap bisa di sesuaikan dengan kemampuan dan juga keadaan di sekolah rekan-rekan sahabat madrasahmuba.

Dalam perangkat pembelajaran yang saya bagikan nanti tidak hanya terdiri dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Saja namun sudah dilengkapi dengan Program Tahunan (prota), Program Semester (promes), dan juga beberapa perangkat pendukung lainya.

Smua file yang saya bagikan dalam bentuk Microsoft Word sehingga bisa dengan mudah diedit dan disesuaikan dengan keadaan dan kebutuhan.

File kami simpan dalam Google Drive sehingga sangat mudah dalam mengakses dan mendownloadnya, rekan-rekan yang mengalami keulitan dalam mendownload itu bisa dikarenakan rekan-rekan dalam melakukan login belum menggunakan akun gmail.

Kami sarankan rekan-rekan dapat terlebih dahulu login dengan akun gmail di browser, akan lebih baik lagi jika rekan-rekan juga telah memiliki googe drive sehingga bisa juga langsung menyimpanya di google drive rekan-rekan sehingga dapat diakses dengan mudah kapan saja dan dimana saja.

Langsung saja kita akan mulai membahasnya satu persatu dan rekan-rekan dapat mengakses dan mendownloanya melalui link berwarna merah yang nanti kami sertakan.

SILABUS
Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi , kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber/bahan/alat belajar. Untuk mendownload silabus . SILAHKAN DOWNLOAD

PROGRAM TAHUNAN
Program tahunan adalah rencana penetapan alokasi waktu satu tahun untuk mencapai tujuan (SK dan KD) yang telah ditetapkan.Penetapan alokasi waktu diperlukan agar seluruh kompetensi dasar yang ada dalam kurikulum seluruhnya dapat dicapai oleh siswa. SILAHKAN DOWNLOAD

PROGRAM SEMESTER
Program semester adalah program pengajaran yang harus dicapai selama satu semester, selama periode ini diharapkan para siswa menguasai pengetahuan, sikap dan keterampilan sebagai satu kesatuan utuh. SILAHKAN DOWNLOAD

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Menurut Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar. SILAHKANDOWNLOAD

File ini dibagikan secara gratis dan kami sangat tidak menyarankan untuk memperjualbelikanya, jika terbukti rekan-rekan ada yang memperjualbelikanya dengan sengaja, maka jika ada pihak-pihak yang merasa dirugikan kami tidak bertanggung jawab.

Silahkan dipergunakan secara bijak dan sesuai kebutuhan.


Sebagai bentuk dukungan agar kami bisa tetap eksis, silahkan meluangkan waktu untuk mengunjungi iklan yang mungkin bermanfaat bagi rekan-rekan. 

6 comments:

  1. Syukran jazakumullah ahsanal jaza min semoga allah membalas anda 😁

    ReplyDelete
  2. luar biasa sangat membantu saya walaupun ada beberapa yang diedit, terutama tujuan pembelajaran sesuai dengan model RPP TERBARU

    ReplyDelete
  3. Terimakasih banyak. Semoga terbalaskan dgn kebaikan2 yg lebih

    ReplyDelete