Wednesday, October 4, 2017

RPP DAN PERANGKAT PENJASOLKES KLS X K-13 REVISI FREE DOWNLOAD



Struktur kurikulum menggambarkan konseptualisasi konten kurikulum dalam bentuk mata pelajaran, posisi konten/mata pelajaran dalam kurikulum, dostribusi konten/mata pelajaran dalam semester atau tahun, beban belajar untuk mata pelajaran dan beban belajar per minggu untuk setiap siswa. 

Struktur kurikulum adalah juga merupakan aplikasi konsep pengorganisasian konten dalam sistem belajar  dan pengorganisasian beban belajar dalam sistem pembelajaran.  Pengorganisasian konten dalam sistem belajar yang digunakan adalah sistem semester sedangkan pengorganisasian beban belajar dalam sistem pembelajaran berdasarkan jam pelajaran per semester.

Struktur kurikulum  juga gambaran mengenai penerapan prinsip kurikulum mengenai posisi seorang siswa dalam menyelesaikan pembelajaran di suatu satuan atau jenjang pendidikan. Lebih lanjut, struktur kurikulum menggambarkan  posisi belajar seorang siswa yaitu apakah mereka harus menyelesaikan seluruh mata pelajaran yang tercantum dalam struktur ataukah kurikulum memberi kesempatan kepada siswa untuk menentukan berbagai pilihan.

Struktur kurikulum pendidikan menengah terdiri atas sejumlah mata pelajaran, beban belajar, dan kalender pendidikan. Mata pelajaran terdiri atas:
  • Mata pelajaran wajib diikuti oleh seluruh peserta didik di satu satuan pendidikan pada setiap satuan atau jenjang pendidikan
  • Mata pelajaran pilihan yang diikuti oleh peserta didik sesuai dengan pilihan mereka.

Mata pelajaran wajib merupakan mata pelajaran yang harus diambil oleh setiap peserta didik di SMA/MA dan SMK/MAK. Sedangkan mata pelajaran pilihan untuk SMA/MA berbeda dengan untuk SMK/MAK. Untuk SMA/MA mata pelajaran pilihan bersifat akademik, sedangkan SMK/MAK mata pelajaran pilihan bersifat akademik dan vokasi.
Struktur Kurikulum SMA/MA terdiri atas:

Kelompok mata pelajaran wajib yaitu kelompok A dan kelompok B. Kelompok A adalah mata pelajaran yang memberikan orientasi kompetensi lebih kepada aspek kognitif dan afektif sedangkan kelompok B adalah mata pelajaran yang lebih menekankan pada aspek afektif dan psikomotor.

Kelompok Mata Pelajaran Peminatan terdiri atas 3 (tiga) kelompok yaitu Peminatan Matematika dan Sains, Peminatan Sosial, dan Peminatan Bahasa.

Mata Pelajaran Pilihan Lintas Minat yaitu mata pelajaran yang dapat diambil oleh peserta didik di luar Kelompok Mata Pelajaran Peminatan yang dipilihnya tetapi masih dalam Kelompok Peminatan lainnya. Misalnya bagi peserta didik yang memilih Kelompok Peminatan Bahasa dapat memilih mata pelajaran dari Kelompok Peminatan Sosial dan/atau Kelompok Peminatan Matematika dan Sains.

Mata Pelajaran Pendalaman dimaksudkan untuk mempelajari salah satu mata pelajaran dalam kelompok Peminatan untuk persiapan ke perguruan tinggi.

Mata Pelajaran Pilihan Lintas Minat dan Mata Pelajaran Pendalaman bersifat opsional, dapat dipilih keduanya atau salah satu.

Hal tersebut tidak bisa lepas dari pembuatan perangkat pembelajaran yang baik dan terencana, oleh karenanya saya bermaksud berbagi contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang bisa dijadikan acuan namun juga masih tetap bisa di sesuaikan dengan kemampuan dan juga keadaan di sekolah rekan-rekan sahabat madrasahmuba.

Dalam perangkat pembelajaran yang saya bagikan nanti tidak hanya terdiri dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Saja namun sudah dilengkapi dengan Program Tahunan (prota), Program Semester (promes), dan juga beberapa perangkat pendukung lainya.

Smua file yang saya bagikan dalam bentuk Microsoft Word sehingga bisa dengan mudah diedit dan disesuaikan dengan keadaan dan kebutuhan.

File kami simpan dalam Google Drive sehingga sangat mudah dalam mengakses dan mendownloadnya, rekan-rekan yang mengalami keulitan dalam mendownload itu bisa dikarenakan rekan-rekan dalam melakukan login belum menggunakan akun gmail.

Kami sarankan rekan-rekan dapat terlebih dahulu login dengan akun gmail di browser, akan lebih baik lagi jika rekan-rekan juga telah memiliki googe drive sehingga bisa juga langsung menyimpanya di google drive rekan-rekan sehingga dapat diakses dengan mudah kapan saja dan dimana saja.

Langsung saja kita akan mulai membahasnya satu persatu dan rekan-rekan dapat mengakses dan mendownloanya melalui link berwarna merah yang nanti kami sertakan.

  • SILABUS

Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi , kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber/bahan/alat belajar. Untuk mendownload silabus . SILAHKAN DOWNLOAD

  • PROGRAM TAHUNAN

Program tahunan adalah rencana penetapan alokasi waktu satu tahun untuk mencapai tujuan (SK dan KD) yang telah ditetapkan.Penetapan alokasi waktu diperlukan agar seluruh kompetensi dasar yang ada dalam kurikulum seluruhnya dapat dicapai oleh siswa. SILAHKAN DOWNLOAD

  • PROGRAM SEMESTER

Program semester adalah program pengajaran yang harus dicapai selama satu semester, selama periode ini diharapkan para siswa menguasai pengetahuan, sikap dan keterampilan sebagai satu kesatuan utuh. SILAHKAN DOWNLOAD

  • RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 

Menurut Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar. SILAHKAN DOWNLOAD

File ini dibagikan secara gratis dan kami sangat tidak menyarankan untuk memperjualbelikanya, jika terbukti rekan-rekan ada yang memperjualbelikanya dengan sengaja, maka jika ada pihak-pihak yang merasa dirugikan kami tidak bertanggung jawab.

Silahkan dipergunakan secara bijak dan sesuai kebutuhan.

Sebagai bentuk dukungan agar kami bisa tetap eksis, silahkan meluangkan waktu untuk mengunjungi iklan yang mungkin bermanfaat bagi rekan-rekan.



0 comments:

Post a Comment