Thursday, October 5, 2017

FREE DOWNLOAD RPP SENI BUDAYA KELAS X K-13 REVISI LENGKAP


Dirilis dari Pengantar dalam buku Seni Budaya Kelas X dinyatakan bahwa  Dalam kurikulum pendidikan menengah di Indonesia saat ini, materi kesenian diajarkan melalui mata pelajaran Seni Budaya. Dalam mata pelajaran ini diajarkan 4 bidang seni yaitu seni rupa, musik tari dan teater. 

Sekolah wajib menyelenggarakan 2 dari 4 bidang seni yang ditawarkan tersebut. Pembelajaran Seni Budaya di sekolah tidak saja mengajarkan keterampilan praktis berkarya seni atau mempertunjukkan karya seni, tetapi digunakan juga sebagai media pendidikan secara menyeluruh.

Pendidikan melalui mata pelajaran Seni Budaya ini pada hakekatnya merupakan proses pembentukan manusia (peserta didik) melalui seni. Pendidikan Seni Budaya secara umum berfungsi untuk mengembangkan kemampuan setiap peserta didik menemukan pemenuhan dirinya (personal ful­llment) menjadi pribadi yang utuh. 

Makna budaya dalam pembelajaran Seni Budaya menunjukkan upaya mentransmisikan (melestarikan dan mengembangkan) warisan budaya (kesenian) yang tersebar diberbagai suku bangsa di Indonesia.

Melalui aktivitas pembelajaran seni budaya, peserta didik difasilitasi untuk memperluas kesadaran sosial dan dapat digunakan sebagai jalan untuk menambah pengetahuan.

Tujuan pembelajaran seni budaya ini sejalan dengan tanggung jawab yang luas dari tujuan pendidikan secara umum.

Materi pembelajaran seni budaya dalam buku ini merupakan revisi dari buku seni budaya sebelumnya berisi pengetahuan, materi dan cara belajar seni di sekolah dengan guru sebagai fasilitator yang menyediakan peluang bagi peserta didik untuk pemenuhan dirinya melalui pengalaman seni berdasarkan sesuatu yang dekat dengan kehidupan dan dunianya.

Melalui pendidikan seni budaya peserta didik diharapkan dapat melakukan studi tentang warisan budaya artistik sebagai salah satu bentuk yang signi­kan dari pencapaian prestasi manusia.

Bentuk-bentuk kesenian yang dijumpainya dalam kehidupan sehari-hari maupun warisan budaya masyarakat didaerahnya diharapkan dapat menumbuhkembangkan kesadaran terhadap peran sosial seni di masyarakat. 

Dengan demikian, peserta didik akan menemukan seni sebagai sesuatu yang penuh arti, otentik dan relevan dalam kehidupannya.

Upaya perbaikan materi isi dan penyajian buku ini dari buku sebelumnya tentu tidak serta merta menjawab kebutuhan situasi dan kondisi pembelajaran seni budaya yang sangat beragam di tanah air.

Jenis materi latihan dan evaluasi yang ada dalam buku siswa serta panduan pembelajarannya yang ada dalam buku guru sama sekali bukanlah sesuatu yang kaku dan tidak dapat disubtitusikan.

Kompetensi profesional seorang guru seni budaya sangat memungkinkan untuk mengembangkan materi dan sajian buku ini sesuai dengan kecerdasan lokal dimana buku ini digunakan.

Hal tersebut tidak bisa lepas dari pembuatan perangkat pembelajaran yang baik dan terencana, oleh karenanya saya bermaksud berbagi contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang bisa dijadikan acuan namun juga masih tetap bisa di sesuaikan dengan kemampuan dan juga keadaan di sekolah rekan-rekan sahabat madrasahmuba.

Kompetensi Inti Seni Budaya Kelas X

  • KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
  • KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran,damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
  • KI 3 : Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesi­k sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
  • KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda


Dalam perangkat pembelajaran yang akan bagikan nanti tidak hanya terdiri dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Saja namun sudah dilengkapi dengan Program Tahunan (prota), Program Semester (promes), dan juga beberapa perangkat pendukung lainya.

Smua file yang saya bagikan dalam bentuk Microsoft Word sehingga bisa dengan mudah diedit dan disesuaikan dengan keadaan dan kebutuhan.

File kami simpan dalam Google Drive sehingga sangat mudah dalam mengakses dan mendownloadnya, rekan-rekan yang mengalami keulitan dalam mendownload itu bisa dikarenakan rekan-rekan dalam melakukan login belum menggunakan akun gmail.

Kami sarankan rekan-rekan dapat terlebih dahulu login dengan akun gmail di browser, akan lebih baik lagi jika rekan-rekan juga telah memiliki googe drive sehingga bisa juga langsung menyimpanya di google drive rekan-rekan sehingga dapat diakses dengan mudah kapan saja dan dimana saja.

Langsung saja kita akan mulai membahasnya satu persatu dan rekan-rekan dapat mengakses dan mendownloanya melalui link berwarna merah yang nanti kami sertakan.

SILABUS
Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi , kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber/bahan/alat belajar. Untuk mendownload silabus . SILAHKAN DOWNLOAD

PROGRAM TAHUNAN
Program tahunan adalah rencana penetapan alokasi waktu satu tahun untuk mencapai tujuan (SK dan KD) yang telah ditetapkan.Penetapan alokasi waktu diperlukan agar seluruh kompetensi dasar yang ada dalam kurikulum seluruhnya dapat dicapai oleh siswa. SILAHKAN DOWNLOAD

PROGRAM SEMESTER
Program semester adalah program pengajaran yang harus dicapai selama satu semester, selama periode ini diharapkan para siswa menguasai pengetahuan, sikap dan keterampilan sebagai satu kesatuan utuh. SILAHKAN DOWNLOAD

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Menurut Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar. SILAHKANDOWNLOAD

File ini dibagikan secara gratis dan kami sangat tidak menyarankan untuk memperjualbelikanya, jika terbukti rekan-rekan ada yang memperjualbelikanya dengan sengaja, maka jika ada pihak-pihak yang merasa dirugikan kami tidak bertanggung jawab.

Silahkan dipergunakan secara bijak dan sesuai kebutuhan.

Sebagai bentuk dukungan agar kami bisa tetap eksis, silahkan meluangkan waktu untuk mengunjungi iklan yang mungkin bermanfaat bagi rekan-rekan.


10 comments: