Tuesday, September 4, 2018

FREE DOWNLOAD APLIKASI INSTRUMEN EVALIASI DIRI SEKOLAH DAN MADRASAH MI,MTs,MA

FREE DOWNLOAD APLIKASI INSTRUMEN EVALIASI DIRI SEKOLAH DAN MADRASAH MI,MTs,MA


Yang dimaksud Evaluasi Diri Sekolah/madrasah (EDS) adalah suatu proses evaluasi yang bersifat internal dengan  melibatkan  pemangku kepentingan untuk melihat kinerja sekolah/madrasah berdasarkan Standar Nasional Pendidikan (SNP) yang digunakan  sebagai dasar penyusunan RKS dan RKAS dalam meningkatkan mutu pendidikan di sekolah/madrasah secara konsisten dan berkelanjutan, serta sebagai masukan bagi perencanaan investasi pendidikan tingkat kab/kota.

Proses EDS ini secara mendasar digunakan guna mencari  jawaban  3 (tiga) hal :
  1. Seberapa baikkah kinerja sekolah/madrasah , terkait dengan posisi pencapaian kinerja untuk masing-masing indikator SPM dan SNP.
  2. Bagaimana kita dapat mengetahui kinerja sekolah/madrasah, terkait dengan bukti apa yang dimiliki sekolah/madrasah untuk menunjukkan pencapaiannya.
  3. Bagaimana  kita  dapat  meningkatkan  kinerja sekolah/madrasah  melaporkan  dan menindaklanjuti  apa  yang  telah  ditemukan sesuai dengan dua hal sebelumnya sebelumnya.


Evaluasi Diri Sekolah/madrasah (EDS) bertujuan :  
  • Menilai kinerja sekolah/madrasah  berdasarkan Standar Nasional Pendidikan (SNP)
  • Mengetahui tahapan pengembangan dalam pencapaian Standar Nasional Pendidikan (SNP) sebagai dasar peningkatan mutu pendidikan
  • Menyusun RKS/RKAS sesuai kebutuhan nyata dalam rangka pemenuhan Standar Nasional Pendidikan (SNP).
  • Evaluasi Diri Sekolah/madrasah (EDS) sangat bermanfaat bagi sekolah/madrasah,  diantaranya :
  • Sekolah/madrasah dapat mengidentifikasikan kelebihan dan kekurangannya sendiri dan  merencanakan pengembangan dan peningkatan ke depan.
  • Sekolah/madrasah dapat memiliki data dasar yang akurat sebagai dasar   untuk pengembangan dan peningkatan di masa mendatang.
  • Sekolah/madrasah dapat mengidentifikasi peluang untuk    meningkatkan mutu pendidikan, mengkaji peningkatan tersebut  berjalan dengan baik dan menyesuaikan program sesuai dengan hasilnya.
  • Sekolah/madrasah dapat memberikan laporan formal kepada  pemangku kepentingan demi meningkatkan akuntabilitas sekolah/madrasah.

Tim  Pengembang Sekolah/madrasah harus terdiri dari:
  1. Kepala Sekolah/madrasah;
  2. Wakil unsur guru;
  3. Wakil Komite Sekolah/madrasah;
  4. Wakil orang tua siswa
  5. Pengawas  sebagai fasilitator,pembimbing, juga sebagai verifikator
  • Instrumen Evaluasi Diri Sekolah/madrasah (EDS) terdiri dari 8 (delapan) Standar sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan (SNP).
  • Setiap Standar terdiri atas beberapa komponen.
  • Setiap Komponen terdiri dari beberapa Indikator.
  • Setiap komponen terdiri dari beberapa sub komponen.
  • Setiap Indikator memberikan gambaran lebih rinci dari  informasi kinerja sekolah/madrasah.


Berikut kami sediakan contoh instrument Evaluasi Diri Sekolah/madrasah yang dapat di download, Instrumen berupa file exel yang aplikatif sehingga sangat memudahkan kita mengetahui hasil dari apa yang sudah kita isikan.

Instrumen EDS MI/SD DOWNLOAD
Insrumen EDS MTs/SMP DOWNLOAD
Isntrumen EDS MA/SMA DOWNLOAD
Instrumen EDS MAK/SMK DOWNLOAD

Demikian yang dapat kami bagikan, Semoga bermanfaat. apabila terdapat kesulitan dalam mendownload silahkan berikan komentar di kolom yang tersedia.

0 comments:

Post a Comment